Warna dan Eksplorisasi

Menerapkan prosedur mewarnai gambar karakter dengan proses digital berbasis vektor dan bitmap sesuai dengan colour sheet menggunakan software pewarnaan dalam animasi


Warna

Semua orang pasti tahu mengenai dengan warna, akan tetapi tidak semua orang bisa melihat warna. Warna dapat Didefinisikan secara objektif atau fisik sebagai sifat cahaya yang dipancarkan, atau secara subjektif/ psikologis merupakan bagian dari pengalaman indera penglihatan. secara objektif atau fisik, warna dapat diberikan oleh panjang gelombang. dilihat dari panjang gelombang, cahaya yang tampak oleh mata merupakan salah satu bentuk pancaran energi yang merupakan bagian yang sempit dari gelombang elektromagnetik.


cahaya yang dapat ditangkap indera manusia mempunyai panjang gelombang 380 sampai 780 nanometer. cahaya antara dua jarak nanometer tersebut dapat diuraikan melalui Prisma kaca menjadi warna-warna pelangi yang disebut spektrum atau warna cahaya, mulai berkas cahaya warna ungu, violet, biru, hijau, kuning, Jingga, hingga merah. di luar cahaya Ungu atau violet terdapat gelombang gelombang ultraviolet, sinar X,  sinar gamma, dan sinar kosmik. di luar cahaya merah terdapat gelombang atau sinar inframerah, gelombang hertz, gelombang radio pendek, dan gelombang radio panjang, yang banyak digunakan untuk pemancaran radio dan TV.


terlihatnya warna adalah dikarenakan adanya cahaya yang menimpa suatu benda, dan benda tersebut memantulkan cahaya ke mata (retina) kita hingga terlihatlah warna. benda berwarna merah karena sifat pigmen benda tersebut memantulkan warna merah dan menyerap warna lainnya. benda berwarna hitam 06.00 sifat pigmen benda tersebut menyerap semua warna pelangi. sebaliknya suatu benda berwarna putih karena sifat pigmen benda tersebut memantulkan semua warna pelangi. sebagai bagian dari elemen Tata rupa, warna memegang peran sebagai sarana untuk lebih mempertegas dan memperkuat kesan atau tujuan dari sebuah karya desain.


 warna merupakan elemen penting dalam semua lingkup disiplin seni rupa,  bahkan secara umum warna  bagian penting dari segala aspek kehidupan manusia. Hal tersebut dapat kita lihat dari semua benda yang dipakai oleh manusia, semua peralatan,  Pakaian, dan bahkan alam di sekeliling kita merupakan benda yang berwarna. karena begitu penting pewarnaan bagi manusia warna seringkali dipakai sebagai elemen estetis. sebagai representasi dari alam, warna sebagai komunikasi, si dan warna sebagai ekspresi.




 warna sebagai elemen estetika

 warna yang memerankan dirinya sebagai warna,yang mempunyai  Fungsi dalam membentuk suatu keindahan. Namun keindahan disini bukan hanya sebagai keindahan Semata. melainkan sebagai unsur eksistensial benda-benda yang ada di sekeliling kita. karena dengan adanya warna kita dimudahkan dalam melihat dan mengenali suatu benda. sebagai contoh apabila kita meletakkan sebuah benda di tempat yang sangat gelap, mata kita mampu mendeteksi objek tersebut dengan jelas. di sini warna mempunyai fungsi ganda Mana Bukan hanya aspek keindahan saja namun sebagai elemen yang membentuk diferensiasi atau perbedaan antara objek satu dengan objek lain.


Warna sebagai representasi dari alam

 warna merupakan penggambaran sifat objek secara nyata atau secara umum warna mampu menggambarkan sifat objek secara nyata. contoh warna hijau untuk menggambarkan daun, rumput; dan biru untuk laut, langit dan sebagainya. warna dalam hal ini mengacu pada sifat sifat alami dari objek tertentu misalnya padat, cair,  jauh, dekat, dll


Warna sebagai alat/ sarana/ media komunikasi si (fungsi representasi)

 warna menempatkan dirinya sebagai bagian dari simbol. warna merupakan lambang atau sebagai perlambang sebuah tradisi atau pola tertentu. warna sebagai komunikasi seringkali dapat kita lihat dari objek-objek seperti bendera, logo perusahaan , fashion, dll. Warna merupakan sebuah perwakilan atau bahkan sebuah objek pengganti bahasa formal dalam mengkomunikasikan suatu, misalnya merah perlambang kemarahan, patriotisme, seksualitas; kemudian putih sebagai pelambang kesucian, kebersihan, kebaikan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menganalisis aspek motivasi dan informasi pada setiap shot

  Element of Shot . Motivasi Motivasi, prinsip pertama elemen pengambilan gambar. Motivasi memberi alasan untuk memindahkan satu bidikan ke ...