Menganalisis editing dari syuting program televisi (non drama) single camera system

Kali ini saya akan membahas bagaimana teknik penyiaran Tv dalam dunia broadcast

Teni yang saya jelaskan merupakan teknik yang umum dan sering digunakan dalam acara syuting siaran televisi, sebelumnya saya sudah bahas acara televisi atau program tv yang ada di indonesia saat ini.! 


  1. Teknik Siaran Langsung (Online)

Siaran tv langsung biasanya berada di dalam studio maupun di luar studio, akan tetapi yang kita kenal dengan acara live. acara yang di dalam studio biasanya acara talkshow, berita dan sebagainnya yang berada di studio, sedangkan acara langsung yang berada diluar studio bisa saja acara hiburan, seperti sepak bola, olahraga, ahkan breaking new yang memberitakan kejadian di luar studio. 


Siaran langsung biasanya terjadi dan ditayangkan pada waktu/hari dan saat itu juga, maka tidak ada perubahan pada jam tayang. karena publik bisa langsung menaksikannya saat itu juga dan kejadian saat itu juga. arti pengambilan gambar dan kejadian diwaktu bersamaan. jadi editing yang dilakukan juga secara bersamaan, dan editingnya menggunakan panduan acara, dan EDL (editing Decision List) yang dibuat oleh editor dan pembawa acara yang akan menyampaikan acara tersebut. 


dibawah ini merupakan teknik siaran langsung ada acara studio, penjelasan berupa gambar.



Orang Orang yang ada dalam penyiaran tv secara langsung adalah: 

pemeran/aktor, reporter sebagai objek shooting. Sebagai pelaksana produksi adalah: produser/asisten produser, sutradara, asisten sutradara/ floor manager, switcherman, VTR operator, sound operator, lighting operator, kameramen dan operator pemancar. Kegiatan siaran merupakan kerja tim. Oleh karena itu dituntut kerjasama yang baik dan serasi dalam bertugas. 

Sedangkan teknik siaran langsung bisa dijelaskan di bawah ini.



  1. Teknik siaran televisi tidak langsung (Offline)


Siaa tidak langsung merusak siaran yang memiliki tenggang waktu, sehingga waktu untuk memulai program yang lebih baik, dengan cara mengkonsep acara tersebut. banyak kelebihan dari siaran tidak langsung, antara lain bisa meminimalisir kesalahan dari pembicara atau pemeran yangs edang enyampain acara, sehingga bisa diulang kembali syuting tersebut. 


setelah liputan atau program di edit, biasanya disimpan yang kemudian akan ditayangkan sesuai dengan jadwal penayangan. kemudian disiapkan studio pengendali untung memancarkan hasil tersebut. sebagai contoh program siaran sebut seperti drama, sinetron, berita, dan sebagainnya. 


dibawah ini merupakan rangkaian bagaimana siaran offline dilakukan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menganalisis aspek motivasi dan informasi pada setiap shot

  Element of Shot . Motivasi Motivasi, prinsip pertama elemen pengambilan gambar. Motivasi memberi alasan untuk memindahkan satu bidikan ke ...