Merancang penggabungan gambar karakter dengan background dan foreground pada software composing

 Penggabungan Background dan Karakter


Sebelumnya saya akan menjelaskan beberapa aplikasi yang bisa digunakan dalam menggabungkan background dan Karakter, yang paling sering digunakan kebanyakan orang ialah Adobe Photoshop, dan jika dalam HP bisa menggunakan Canva dan PicsArt

kedua aplikasi/software tersebut sangat direkomendasikan oleh saya, dikarenakan aplikasi tersebut banyak tools yang dapat bisa dimanfaatkan.


Background terdiri dari dua kata, Kata pertama ialah “Back” Belakang dan “Ground” Latar keduanya sering diartikan sebagai latar belakang, sedangkan Foreground terdiri dari dua kata “Fore” Depan dan “Ground” Latar bisa diartikan Latar depan. nah background sederhananya adalah, backgroun adalah objek yang berada di belakang dan foreground objek yang ada paling depan. akan tetapi keduanya bukan objek utama. 


dibawah sini ada gambar yang akan saya jelaskan, mana dibawah ini yang merupakan background dan mana yang merupakan foreground. aka saya tentukan objek utama dalam gambar dibawah adalah Rumah, nah foreground berarti pohon kelapa yang berada di paling depan, sedangkan background adalah lautan dan awan yang terlihat. 


Sumber : Docplayer.info

Diakses : 30/09/2020


Dibawah ini ada beberapa yang harus diperhatikan ketika membuat background maupun foreground dalam animasi.


  1. Resolusi dan Ukuran Desain Background

  2. Elemen Desain 

  3. Value dan Point Of Interest 

  4. Komposisi dan Perspective

  5. Desain Background dan Asset

  6. Aliran Desain Background 

Ukuran desain background menyesuaikan kebutuhan animasi yang akan diproduksi. Ukuran background untuk animasi berkualitas HD adalah 1280x720 pixel, sementara untuk ukuran full HD adalah 1920x1080 pixel. 


Gunakan elemen desain, elemen desain yang dipelajari di semester sebelumnya dipakai dalam membuat background maupun foreground, diantaranya

1. Garis (Line)

Garis adalah sebuah unsur desain yang menghubungkan antara satu titik dengan titik lainnya sehingga ter gambarlah sebuah garis dengan bentuk lengkung (curve) atau lurus (straight).



2. Bentuk (Shape)

Bentuk adalah objek 2 (dua) dimensi yang memiliki diameter, tinggi dan lebar. Shape dapat berupa bentuk-bentuk geometris (lingkaran, segitiga, elips, persegi, dsb.) dan bentuk-bentuk yang tidak beraturan. 




dua elemen di atas merupakan elemen yang biasa digunakan dalam pembuatan background, speech balloon dan hal yang bergaya abstrak.



Background abstract Memphis : perpaduan elemen garis, titik dan shape-shape kecil yang didesain sedemikian rupa hingga terlihat seperti pattern abstract. Pattern Memphis biasanya diaplikasikan secara transparan diatas background solid untuk menghilangkan kesan kosong.  .


Background abstract Geometric : perpaduan bentuk-bentuk geometris; (lingkaran, segitiga, persegi dsb) ditambah elemen-elemen memphis. Background geometric biasanya dibuat dengan warna yang beragam sehingga menimbulkan kesan yang ramai. 


Speech balloon dan label bergaya abstract 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menganalisis aspek motivasi dan informasi pada setiap shot

  Element of Shot . Motivasi Motivasi, prinsip pertama elemen pengambilan gambar. Motivasi memberi alasan untuk memindahkan satu bidikan ke ...