Menerapkan prosedur tracing gambar karakter menggunakan software animasi 2D

Kali ini saya akan membahas materi yang telah sebentar di review mengenai aplikasi yang diberikan minggu kemarin. beberapa telah saya bahas mengenai tools di adobe dan kali ini saya akan bahas apa saja software yang digunakan dalam membuat gambar, terutama dalam komputer. 


Corel Draw

Software ini paling banyak digunakan di kalangan orang, karena Corel sudah dikenal lebih luas di masyarakat. tidak luput pula dengan adobe, saya akan bahas perbedaanya mengapa banyak orang menggunakan corel ketimang adobe. materi ini mengenai pengalaman saya dan nantinya kalian mesti bisa memilah mana yang baik digunakan dalam dunia kerja dan dunia seni. 


CorelDraw 


Corel Merupakan perusahaan dibidang seni grafis dan salah satunya yang terkenal adalah coreldraw, dengan nama perusahaan Corel Corporation di ottawa, Kanada. Versi terakhir pada saat ini merupakan versi Corell Graphic Suite 2020 tentunya diluncurkan pada tahun ini. kemudian yang paling dikenal merupakan CorelDraw tentunya pada perusahaan tersebut, dengan versi terakhirnya. Corel Corporation mempekerjakan teknisi software bernama Michel Bouillon dan Pat Beirne untuk mengembangkan program ilustrasi dasar vektor yang nantinya disatukan dengan sistem desktop publishing mereka. Awalnya program CorelDRAW dirilis pada tahun 1989, CorelDRAW versi 1.x dan 2.x yang berjalan pada platform Windows. CorelDRAW 3.0 dirilis bersamaan dengan Microsoft Windows 3.1. Fakta yang terdapat dalam True Type pada Windows 3.1 merubah CorelDRAW benar-benar menjadi sebuah program ilustrasi yang dapat menggunakan Sistem instalasi lainnya tanpa rekomendasi aplikasi pihak ketiga seperti Adobe Type Manager.


Adobe Corporation.



Mari akan saya bahas sekilas mengenai adobe corporation merupakan perusahaan perangkat lunak di bidang grafis, animasi dan video. bahkan adobe sudah berkembang di bidang web desain dengan meluncurkan aplikasi pembuat web, seperti adobe dreamweaver dan adobe muse. Adobe yang berperan sebagai sebuah produsen perangkat lunak komputer ini berkantor pusat di San Jose, California, Amerika Serikat. Sejak didirikan pada bulan Desember 1982 oleh salah satu tokoh Xerox PARC, John Warnock dan Charles Geschke. Nama perusahaan sendiri terinspirasi dari nama sungai kecil yang mengalir di belakang rumah kedua pendiri yang bernama Adobe Creek yang berada di Los Altos, California.


Salah satu produk yang menyerupai di bidang vektor dari kedua perusahaan itu Coreldraw dan Adobe Illustrator. kedua software tersebut pembuat gambar berbasis vektor. Lalu apa perbedaannya, ko corel lebih banyak digunakan di masyarakat ketimbang adobe. Adobe perusahaan yang lebih awal dibuat pada tahun 1981 dan corel dibuat pada tahun 1989, Nah yang paling gampang dipelajari di masyarakat memang corel sedangkan adobe sulit untuk dipelajari karena tools yang begitu banyak dan banyak sekali aplikasi dari pihak ketiga. sedangkan corel sangat minim bekerja sama dengan beberapa pihak, seperti perusahaan macromedia yang dibeli adobe pada tahun 2005 yang menghasilkan adobe flash macromedia. akan tetapi sangat menguntungkan sekali bagiadobe karena aplais tersebut tools yang banyak menjadi suatu kelebihan bagi adobe.


Illustrator Dan coreldraw semuanya sama-sama merupakan aplikasi membuat vektor, akan tetapi banyak perusahaan menginginkan pengguna atau animator menggunakan adobe sebab tadi, banyak sekali tools yang digunakan, dan ada aplikasi yang tidak dimiliki oleh adobe, seperti adobe photoshop, indesign, adobe muse, adobe animate, adobe flash dan banyak lagi. 


ada salah satu cerita yang bisa dibahas dalam materi ini, merupakan seorang pencari kerja di bidang animasi, dan percakapan ini bisa di bawah, Menurut Aulia Pertiwihayu, Illustrator (2017-sekarang)

Menurutnya beliau mencari kerja di bidang desain grafis dan waktu itu ada lowongan pekerjaan Salah satunya adalah lowongan pekerjaan yang dibuka oleh Zetizen Jawa Pos. Nah perusahaan tersebut membutuhkan desainer yang menggunakan aplikasi adobe, sedangkan selama 3 tahun sebagai ilustrator beliau belajar coreldraw, alhasil dia memaksakan dan diterima bekerja semenjak itu dia mempelajari adobe produk, tidak lama kemudian dia melamar pekerjaan kembali di desain grafis.akan tetapi bukan perusahaan besar dan dia melamar menjadi desainer sosial media di instagram, sosial media tersebut membutuhkan karyawan yang mempunyai skil adobe periodik juga. 


Lalu apa kesimpulannya??? Menurut dia...

Kesimpulannya adalah, Adobe Photoshop yang merupakan Adobe Products tetaplah merajai dunia seni desain grafis. Sebenarnya dua software tersebut juga ada plus minus nya. Corel Draw didesain untuk siapa saja yang ingin membuat karya vector. Dan Corel Draw ini juga bagus untuk pemula karena software ini sangat memudahkan.

Kalau tidak percaya, coba saja Anda sekalian buka situs-situs yang menyediakan konten desain seperti Freepik, Flat Icon, atau situs-situs mockup maker. Mereka hanya menyediakan berkas dengan format psd, eps, dan ai.

 

 

jadi kalian bisa memilih mana yang lebih baik digunakan dan mana yang kebanyakan perusahaan gunakan. 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menganalisis aspek motivasi dan informasi pada setiap shot

  Element of Shot . Motivasi Motivasi, prinsip pertama elemen pengambilan gambar. Motivasi memberi alasan untuk memindahkan satu bidikan ke ...