Proses Produksi Animasi 2D maupun 3D

Minggu kemarin sudah saya jelaskan tentang tahapan Pra Produksi, kali ini saya akan melanjutkan materi berkaitan tahapan pembuatan animasi, pipeline production tahapan produksi.

Sebenarnya ada berapa tahapan sih untuk membuat animasi, animasi bergerak maupun sebuah gambar.

Tahapan tersebut ada tiga diantaranya:

1.       Pra Produksi

2.       Produksi

3.       Pasca Produksi

Kali ini saya menjelaskan tahapan proses produksi, ada apa saja sih di tahapan produksi?

Dalam tahapan produksi ada beberapa proses didalamnya diantaranya adalah:

1.       Modeling Karajter + Texture

2.       Modeling Props + Texture

3.       Rigging

4.       Layouting

5.       Animating

6.       Simulation + Effect

7.       Shading + Lighting

Modeling karakter + Texture adalah proses pembuatan karakter yang akan ditampilkan pada film beserta texture yang akan dibuat. Karakter tersebut sebelumnya telah dikonsep dalam tahapan pra produksi, mulai dari konsep nama karakter tersebut, gambar karakter, sifat karakter dan bentuk karakter, semua konsep telah dibuat di dalam proses pra produksi, yang nantinya dibuat digital dalam proses produksi, software yang biasa digunakan pun bermacam-macam, antara lain:

1.       Photoshop

2.       Blender

3.       Adobe Illustrator

4.       Corel Draw

Bukan hanya membuat animasi 3D saja, akan tetapi animasi yang dibuat dengan tiga proses bias menjadi animasi 2D yang nantinya bisa berupa cerita animasi 2D, Contohnya seperti Komik, Webtoon bahkan sekarang di instagram pun anda bias membuat animasi bercerita. Untuk software yang digunakan anda boleh.

Modelling karakter dan props

Modelling karakter dan props adalah proses pembentukan model 3 dimensi yang terdiri dari permukaan atau bisa disebut dengan surface sehingga permukaan tersebut membentuk sebuah objek, dengan menggunakan perangkat lunak atau software animasi.

Before after modelling


Style Kartun


Style 3D realis 


Model Props


Rigging dan Penulangan

Rigging atau penulangan merupakan proses membuat tulang dalam sebuah karakter, kenapa penting. Cara membuat karakter animasi juga perlu tulang untuk digerakkan. Rigging dibuat untuk menggerakan karakter. Proses tersebut umumnya disebut dengan rigger atau karakter technical directors (TDS)


Layouting dan animating

Layouting merupakan penempatan kamera, sesuai dengan skenario yang telah dibuat di proses pra produksi, proses tersebut umumnya dikerjakan layout artist.

Sedangkan animating, merupakan proses menggerakan animasi tersebut yang karakternya telah diberikan tulang atau di rigging, bagaimana jika animasi 2D. untuk animasi 2D tidak memerlukan riggin akan tetapi pergerakannya menggunakan motion picture. Proses tersebut digerakan oleh seorang 3D animator.


Layouting Rango


Simulation dan effect

Sebuah perbuatan imitasi pada sebuah animasi yang nantinya animasi tersebut terlihat nyata

Seperti halnya: #seorang yang bertarung atau karakter yang bertarung membutuhkan debu agar terlihat dramatis. #Effect salju yang terbawa angin atau salju yang diinjak akan meninggalkan jejak. #Rambut akan erhibas jika tertiup angin kencang.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menganalisis aspek motivasi dan informasi pada setiap shot

  Element of Shot . Motivasi Motivasi, prinsip pertama elemen pengambilan gambar. Motivasi memberi alasan untuk memindahkan satu bidikan ke ...