pipeline produksi

Menerapkan prosedur penyimpanan file dengan aturan pipeline produksi


Setelah saya jelaskan beberapa prosedur pembuatan animasi, pipeline, mari kita bahas apa saja tahapan tersebut, dan isinya yang ada dalam tahapan tersebut. 


Pre-Production

Ide Cerita - Script 

ide cerita atau bisa disebut juga dengan script, yaitu sebuah naskah atau bisa disebut juga dengan cetak biru (blueprint) yang ditulis untuk sebuah film, mau itu animasi maupun film action. tahapan pertama ialah, pembuatan konsep dan ide, tahapan ini ide dan konsep dikumpulkan serta apa saja yang diperlukan. kemudian baru mulailah pembuatan ide cerita.


Contoh :

Titanic - bercerita tentang romeo dan juliet di atas boat - James Cameron

Super Neli - Bercerita tentang nenek-nenek yang menjadi superhero di indonesia - Robby Ul Pratama


Membuat breakdown berdasarkan Script 

Cerita - Script - thumbnail 

Cerita, setelah menemukan cerita barulah bisa dibuatkan script, yaitu susunan alur cerita dari awal hingga akhir.


Thumbnail


Apa itu Thumbnail? thumbnail dalam animasi yaitu proses pembuatan konsep awal gambar yang akan dibuat animasi, yaitu terdapat pembuatan desain karakter, storyboard, storyboard yaitu bahan tulisan atau script yang kemudian menjadi bahasa gambar. setelah semuanya selesai, dari muai storyboard maka digabungkan dengan background, concept art dan VO (Voice Over/ Pengisi Suara) dan Animatic.


Mendesain Karakter dan concept art 

setelah cerita selesai maka muncul yaitu konsep artistik, dan membuat karakter, yang sebagian besar digambar atau dilukis, kemudian dibuatkan digital. 

beberapa hal yang harus dilakukan dalam mendesain karakter, Pose, ekspresi wajah, beberapa point of view. 

Sumber : Kunjungi youtube channel : NightAtTheStation 360 video 




Concept art dan Background 

Sumber : Konsep Art Super Neli


Membuat Storyboard

storyboard merupakan coretan gambar yang bisa diceritakan dalam gambar yang dan dijadikan film. garis besarnya terdiri dari:

  1. Spesifik scene pada sebuah film

  2. Spesifik pergerakan kamera

  3. Spesifik pergerakan kasar dari karakter.


Apakah storyboard gambarnya harus bagus? ternyata tidak, karena bla storyboard sudah terbaca maka storyboard tersebut telah baik. 

Biasanya setelah selesai maka coretan tersebut ditempel di dinding.


Voice Over

Voice Over atau VO adalah suara yang merupakan vokal manusia yang sengaja direkam untuk berbagai kegunaan yang biasanya digunakan pada radio, televisi, film animasi, teater, dan lain-lain. Tentu saja, kita  harus ingat bahwa seorang VO akan dibatasi oleh teks yang sudah dipersiapkan sebelumnya.


Salah satu pengis suara yang terkenal di dunia maya yaitu Bimo Kusumo, anda bisa lihat beberapa karyanya di Instagram dengan Id. @bimoky






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menganalisis aspek motivasi dan informasi pada setiap shot

  Element of Shot . Motivasi Motivasi, prinsip pertama elemen pengambilan gambar. Motivasi memberi alasan untuk memindahkan satu bidikan ke ...