Menganalisis proses titling dan efek visual

 Menganalisis proses titling dan efek visual


Mata Pelajaran : Editing Audio dan Video

Kelas : XII (12)

Waktu         : Kamis, 26 Agustus 2020


Proses editing bukan hanya mengedit atau memotong saja sesuai dengan Storyboard atau naskah,  akan tetapi di sana terdapat efek visual dalam pengeditan, mau video, film, dan animasi.  effect tidak harus ada setiap Anda mengedit, karena efek visual hanya dibutuhkan di tempatnya saja tidak asal-asalan untuk menerapkan efek visual seperti, lebih, hujan badai, api, ledakan,  dan apapun itu yang bisa memberikan Efek dalam setiap mengedit. 


Pengertian visual effect

proses pembuatan gambar Yang dengan cara proses manipulasi Pengambilan gambarnya di luar syuting. Untuk membuat proses manipulasi membutuhkan ide-ide yang bagus sehingga visual effect dapat dinikmati oleh-oleh  audiensi, dan visual effect juga bisa dibilang suatu karya seni yang sangat hebat dan bagus. Efek yang paling sederhana yang kita kenal itu menggunakan green screen maupun blue screen. Pembuatan visual tidak luput dari komputer yang canggih maka dari itu, komputer yang digunakan adalah komputer yang berbasis high end. 


Pada dasarnya visual efek telah ada sejak tahun 1895, Film pertamanya merupakan  kan“The Execution of Mary,Queen of Scots” Dan pada film itu digunakan untuk sekedar aksi sulap. 


Fungsi visual effect

visual efek KB digunakan pada semua film, terutama film Indonesia yang ada di salah satu TV nasional yaitu Indosiar, dengan adanya naga, elang terbang, bahkan ikan es krim pun menggunakan visual effect.  ada tiga fungsi yang dapat saya jelaskan di antaranya adalah: 

  1. Memberikan visual yang tidak bisa dicapai oleh alat-alat yang ada maka dari itu gunakanlah visual effect menggunakan komputer.

  2. manipulasi adegan,  manipulasi ada ikan berfungsi untuk mengurangi biaya produksi atau jika menggunakan syuting biasa memakan biaya produksi sangat mahal maka dengan Visual effect adegan yang sama tapi dengan harga yang lebih murah.

  3. Mencegah terjadinya cedera, dengan menggunakan visual effect adegan-adegan berbahaya ya akan sangat minim dan bahkan tidak akan terjadi karena,  penggunaan visual effect tidak memerlukan syuting untuk adegan-adegan berbahaya.


Teknik visual effect

  1. mechanical effect,  adalah memanipulasi gerakan.  singa dalam editing gerak-gerakan bisa dimanipulasi dengan cara cara visual effect

  2. Optical effect,  manipulasi visual. Visual yang kita lihat tidak sama dengan apa yang terjadi di kehidupan yang nyata,  misalnya ketika shooting menggunakan blue screen,  maka yang kita lihat dengan mata kita yaitu background berwarna biru. akan tetapi penggunaan visual effect background berwarna biru tersebut menjadi background yang yang mempunyai sebuah cerita ataupun tempat. 


SILAHKAN KLIK ABSEN ONLINE DI BAWAH INI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menganalisis aspek motivasi dan informasi pada setiap shot

  Element of Shot . Motivasi Motivasi, prinsip pertama elemen pengambilan gambar. Motivasi memberi alasan untuk memindahkan satu bidikan ke ...