Memahami Dasar Videografi

Pengertian 

Mata pelajaran videografi, mempelajari tentang pengetahuan sejarah, peralatan, teknik, konsep, apresiasi, dan analisis. videografi sama halnya seperti membuat film atau biasa dalam dunia pendidikan disebut dengan sinematografi. Sinematografi kinema - κίνημα "gerakan" dan graphein - γράφειν  "merekam") adalah ilmu serapan sebagai bidang ilmu yang membahas tentang teknik menangkap dan merekam gambar.


Sinematografi merupakan pengembangan dari fotografi, yang menangkap gambar dengan cahaya. Awalnya fotografi hanya menghasilkan gambar tunggal tidak bergerak (still photography), lalu berkembang menjadi movie/ cinema photography, yang menghasilkan gambar bergerak dari rangkaian beberapa gambar yang dipadukan. Still Photography dan Cinema Photography masing-masing berjalan seiring perkembangan teknologi.


Film adalah sebuah teks, setiap elemen yang terkandung dalam film merupakan rangkain tanda-tanda yang disusun sehingga membentuk sebuah makna. Pencapaian pembentukan makna dalam film sebuah proses dengan kerangka pengalaman dan berpikir pembuat film menciptakan pemikiran yang tersurat maupun tersirat.  Menurut M.Boggs (Asrul Sani, 1986:3) "Jika sebuah film memberikan kesan tidak lebih dari produk sebuah proses mekanik, maka yang menjadi sebab adalah karena kekuatan pengendali yang berada di belakang film". 


Definisi Film Menurut UU 8/1992, adalah karya cipta seni dan budaya yang merupakan media komunikasi massa pandang-dengar yang dibuat berdasarkan asas sinematografi dengan direkam pada pita seluloid, pita video, piringan video, dan/atau bahan hasil penemuan teknologi lainnya dalam segala bentuk, jenis, dan ukuran melalui proses kimiawi, proses elektronik, atau proses lainnya, dengan atau tanpa suara, yang dapat dipertunjukkan dan/atau ditayangkan dengan sistem Proyeksi mekanik, elektronik, dan/atau lainnya. 



Unsur Pembentukan Film terdapat dua, yaitu:

  1. Unsur Naratif 

  2. Unsur Sinematik 

kedua unsur ini bisa digunakan dalam membuat film, maupun animasi bukan hanya dalam membuat film, Bisa digunakan dalam membuat animasi juga.

Unsur naratif merupakan aspek penceritaan, alur cerita serta plot-plot cerita yang dibangun. Sedangkan unsur sinematik merupakan gaya sinematik penuturan secara visual dengan aspek teknis pembentuk film, yang di dalamnya terdiri dari empat elemen yaitu; mise-en-scene, sinematografi, editing, dan suara, dimana masing-masing elemen tersebut saling berintreaksi dan berkesinambungan untuk membentuk gaya sinematik secara utuh. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menganalisis aspek motivasi dan informasi pada setiap shot

  Element of Shot . Motivasi Motivasi, prinsip pertama elemen pengambilan gambar. Motivasi memberi alasan untuk memindahkan satu bidikan ke ...