Fungsi Editing dan Editor

 Halo Semuanya!

 Assalamualaikum warahmatullahi

 kali ini saya akan menjelaskan kan di mata pelajaran editing audio dan video

Note: untuk video pembelajarannya, akan saya kirimkan melalui YouTube. sedang saya edit karena keterbatasan waktu dan media yang saya gunakan sangat terbatas


saya akan menjelaskan Apa fungsi editor

Mengedit biasanya digunakan atau dibuat setelah proses syuting film telah selesai yaitu disebut dengan pasca produksi. Ada 3 tahapan,  yang pertama tahapan pra produksi,  yang kedua produksi, si dan yang ketiga pasca produksi.

pertama-tama editing dan editor itu berbeda, editing merupakan proses mengubah atau pengubahan, Menambah teks, judul, suara, maupun efek dan kemudian disajikan ke dalam visual yaitu sebuah gambar bergerak yang disebut film maupun video.

Dan sekarang Apa itu editor, editor merupakan pemakainya atau manusianya yang biasa disebut seorang editor atau dengan kata lain seorang penyunting. seorang editing film, video maupun gambar itu yang disebut dengan editor. jadi apa bedanya editing dan editor.  bedanya editing adalah prosesnya dan editor adalah manusianya. jawabannya yang seperti itu editing adalah prosesnya editor adalah manusianya seperti halnya penulis dan menulis, menulis itu adalah prosesnya, Penulis itu adalah manusianya. Apakah Cukup dipahami? 

Di atas merupakan definisi editing dan editor. 

Sekarang ada beberapa fungsi editing, di antara lain:

  1. Menyusun

Mari kita membahas fungsi editing,  yang  pertama Yaitu berfungsi untuk menyusun,  menyusun disini ialah bukan menyusun cerita ataupun istri Karena itu adalah tugas seorang penulis akan tetapi kita menyusun video yang sudah direkam oleh kamera kemudian disatukan melalui aplikasi si atau pun software, dan digabungkan sehingga menjadi sebuah cerita yang diinginkan oleh seorang produser. 

  1. Memotong

Yang kedua adalah memotong,  pemotong di sini bukan berarti menghilangkan audio atau video, akan tetapi yang maksud memotong ialah memendekkan atau membuang  yang tidak sesuai dengan cerita. Misalnya jika ada suatu acara TV atau film dokumenter terkadang proses syuting itu memerlukan waktu  beberapa jam, beberapa hari maupun bulan, nah fungsi memotong ialah memilah yang asalnya video-video yang telah diambil tidak sesuai dengan cerita. seorang editor lah yang bertugas untuk memotong mana video yang yang dimasukkan dan mana video yang tidak dimasukkan sesuai dengan keinginan produser tentunya. Sehingga dapat mengatur waktu yang telah ditentukan oleh produser, soalnya video-video awalnya itu berdurasi 4 jam. Nah si produser menginginkan film tersebut atau acara TV tersebut hanya diberikan waktu 2 jam, editor yaitu memotong sehingga waktu yang diperlukan dari 4 jam menjadi 2 jam.

  1. Menggabungkan 

Yang ketiga yaitu menggabungkan,  menggabungkan beda dengan menyusun kalau menyusun masih membentuk draf yang kasar.  tetapi menggabungkan adalah membentuk yang tadinya video video tersebut sudah disusun dalam sebuah folder ataupun aplikasi kemudian digabungkan dalam sebuah aplikasi yang menjadikan cerita yang utuh.  contohnya anda sudah menyusun mana saja ya akan diedit akan tetapi ceritanya tidak menyambung di dalam folder tersebut, fungsi menggabungkan ialah dimasukkan ke dalam sebuah software kemudian digabungkan mana shoot 1, shoot 2 dan shoot 3  dan menjadikannya sebuah cerita yang sempurna. 

  1. Membetulkan

 membetulkan yaituAtau juga bisa disebut dengan mengkoreksi jika sebuah film sudah disusun dan sudah jadi akan tetapi pas dilihat oleh seorang produser tidak sesuai dengan keinginannya maka fungsi membetulkan ini ialah menyamakan persepsi seorang editor dan produser sehingga film yang tadinya tidak sesuai dengan keinginan produsen maka dibetulkan lah hingga sesuai dengan keinginan seorang produser.

  1.  Membangun

membangun ialah mempercantik sehingga enak untuk dilihat oleh penonton,  bisa berupa efek bisa berupa warna. Untuk warna biasanya seorang editor menggunakan color grading. contohnya jika warna gelap digunakan untuk cerita-cerita seram dan warna cerah digunakan untuk cerita-cerita yang happy atau genre-genre yang ceria Sedangkan untuk warna-warna yang gelap biasa digunakan untuk cerita-cerita yang menyeramkan. 


Jika ada yang ditanyakan silahkan tinggalkan di kolom komentar atau melalui Google classroom yang telah saya buat di kelas Anda.  Saran dan Masukan silahkan mengisi absen.


Link Absensi silahkan di buka dan di Isi.

  Klik disni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menganalisis aspek motivasi dan informasi pada setiap shot

  Element of Shot . Motivasi Motivasi, prinsip pertama elemen pengambilan gambar. Motivasi memberi alasan untuk memindahkan satu bidikan ke ...