Proses Pictute Lock

 Menganalisis proses picture lock


Mata Pelajaran : Editing Audio dan Video

Kelas : XII PSPT

Hari, tgl/bln/thn : Rabu, 12 Agustus 2020


Kali ini saya akan menjelaskan apa itu picture lock dan bagaimana prosesnya.

picture lock merupakan tahapan editing sebelum semuanya di proses ke tahapan selanjutnya, apa itu tahapan selanjutnya? tahapan selanjutnya merupakan tahapan memasukan audio, memberikan effect, memberikan audio effect. bagian picture lock sebelum memasuki tahap selanjutnya harus sudah di verifikasi oleh produser dan disetujui oleh produser, sehingga sudah tidak ada lagi perubahan. 


picture lock yang kemudian disebut dengan offline editing dan online editing, kita cari tahu apa itu offline editing dan online editing. offline editing adalah menggabungkan semua footage yang telah selesai dari proses produks atau syuting yang kemudian digabungkan menjadi cerita yang utuh dan sesuai dengan naskah. proses ini hanya menggabungkan dalam media aplikasi yang anda gunakan. 


tahapan yang harus dilakukan sebelum masuk ke dalam proses offline editing atau picture lock.

  1. membuat proxy footage

proxy footage adalah gambar atau file yang di duplikasi dan dijadikan low resolution, akan tetapi tidak mengurangi kualitas gambar yang sebenarnya. karena jika dalam proses editing mengedit gambar yang sesuai aslinya, maka akan menghambat proses tersebut, sehingga komputer yang digunakan akan berat dan jarang sekali aplikasi yang mumpuni. 

  1. sinkronisasi suara dan gambar

proses ini menggabungkan antara gambar dan suara, biasanya kamera dan suara itu berbeda tempat, yang artinya kamera hanya menangkap gambar dan suara dilakukan oleh orang yang merekam suara, menggunakan alat perekam suara. semuanya akan dicocokan melalui time code atau waktu yang telah ditentukan. maka sebelumnya pada tahap syuting menggunakan clapper. 



  1. menyusun proxy footage sesuai dengan cerita.

menyusun proxy footage ialah menyusun alur cerita pada saat editing sesuai dengan skrip yang telah dibuat dan kemudian anda sunting atau potong sesuai dengan cerita. skrip yang di gunakan ialah skrip yang telah jadi atau telah selesai proses syutingnya.

  1. Menambahkan sound effect.

seorang editor harus bisa dan tahu bagaimana dan dimana ketika harus menambahkan sound effect, agar penonton yang melihat bisa merasakan moodnya, dan terbawa suasana saat menonton film yang telah di edit.


  1. Membangun Mood atau suasana cerita

seorang editor bukan hanya mengedit saja, akan tetapi editor juga harus mampu membangun suasana cerita, dengan memperhatikan flow atau susunan antara scene satu dengan yang lainnya.



SILAHKAN KLIK ABSEN ONLINE DI BAWAH INI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menganalisis aspek motivasi dan informasi pada setiap shot

  Element of Shot . Motivasi Motivasi, prinsip pertama elemen pengambilan gambar. Motivasi memberi alasan untuk memindahkan satu bidikan ke ...