Peralatan Editing

Menerapkan prosedur pengoperasian peralatan editing dan perangkat pendukung editing


Halo semuanya, selamat pagi!

kali ini saya akan menjelaskan prosedur pengoprasian peralatan editing. peralatan editing sebenarnya cukup sederhana, akan tetapi perlu anda ketahui tidak semua peralatan editing mampu mengoperasikan media aplikasi yang sesuai dengan kita gunakan. 


Video editing merupakan proses yang dilakukan untuk menyunting audio maupun video, kali ini saya akan menjelaskan perangkat yang digunakan untuk video editing.

berkat adanya HP editing video saat ini semakin mudah, karena tidak memerlukan perangkat komputer yang begitu besar dan mahal, hanya cukup dengan genggaman HP sekarang bisa melakukan video editing. 


  1. Perangkat komputer

perangkat komputer merupakan salah satu alat yang harus digunakan dalam editing, mau itu video maupun suara. biasanya perangkat komputer sering sekali digunakan ketimbang smartphone, karena Komputer mempunyai aplikasi software yang sangat mendetail.  berbeda dengan smartphone yang aplikasinya hanya untuk editing sederhana saja akan tetapi jika anda bisa menggunakannya maka hal yang sederhana bisa menakjubkan. 


komputer yang digunakan bukan komputer biasa yang pertama harus memiliki VGA, VGA yang biasa digunakan minimal adalah Nvidia dan itu biasanya pada saat ini sudah ada di beberapa laptop. Kenapa dengan Nvidia karena bisa menjadi pertimbangan kalian untuk kualitas yang bagus dan baik. 


  1. Software atau aplikasi editing.

Setelah anda mengetahui hardware 1 perangkat komputer ini saatnya anda mengetahui tentang software yang digunakan untuk mengedit video, Ya tidak ada software untuk editing video maka editing anda tidak bisa dimulai sama sekali, maka dari itu ada beberapa software atau aplikasi yang sarankan untuk anda gunakan di komputer anda ataupun di laptop.


Adobe Premiere (Sumber : Adobe Corporation)

 

Primer merupakan perangkat lunak pendidikan video terkemuka di industri untuk Film, TV, dan web.  alat kreatif, integrasi dengan aplikasi dan layanan lain, dan mempunyai kelebihan  membantu Anda membuat footage menjadi film dan video yang disempurnakan.


Software yang satu ini sering digunakan oleh editor profesional, karena Adobe memang menawarkan banyak fitur jauh lebih menarik dan lebih banyak.  Jika anda ingin menggunakan software ini ada baiknya anda mencoba versi percobaannya dan bisa diunduh secara gratis, software ini merupakan software yang berbayar dan yang gratisnya hanya anda bisa gunakan kan untuk percobaan dengan waktu beberapa hari.





Filmmora 


Salah satu aplikasi edit video yang ringan dan gampang dipelajari adalah Wondershare Filmora. Filmora memiliki 2 versi sesuai kebutuhan pengguna yakni versi biasa yang sudah sampai generasi ke 9 dan versi Pro bagi yang menginginkan fitur dan kontrol lebih. Kedua versi tersebut bisa kamu nikmati secara gratis serta berbayar jika kamu membutuhkan akses dan fitur yang lebih lanjut. (Sumber : IDN Times)


CyberLink PowerDirector

jika anda sudah mengetahui perangkat kedua tersebut, maka ini adalah aplikasi yang saya sarankan kepada anda untuk digunakan di HP. walaupun di HP akan tetapi aplikasi ini memiliki fitur yang cukup untuk sekedar editing video. aplikasi ini anda bisa dapatkan di google play store.


owerDirector dibuat dengan memikirkan kecepatan dan manfaat. Dioptimalkan pada perangkat 64 bit, pengeditan menjadi lebih lancar, lebih cepat dan lebih menyenangkan. Jelajahi imajinasi Anda dan buat video yang secara visual menakjubkan, di mana saja, kapan saja Anda perlukan.


Alat edit profesional yang menyenangkan:

1. Edit dan ekspor video dalam resolusi hingga 4K*

2. Buat video maju cepat atau kecepatan lambat dengan penyesuaian kecepatan

3. Perbaiki cuplikan rekaman kamera yang bergoyang dengan penstabil video

4. Ganti latar belakang dengan editor layar hijau menggunakan kunci chroma

5. Buat efek pencahayaan ganda yang menakjubkan dari mode hamparan dan penggabungan video

6. Unggah langsung ke YouTube dan Facebook


Alat edit presisi untuk membuat setiap jenis video:

• Pangkas, sambung dan putar video dengan beberapa ketukan mudah

• Kontrol kecerahan, warna dan kejenuhan dengan presisi

• Terapkan efek dan transisi yang mencengangkan dengan seret & jatuhkan

• Gabungkan gambar dan video dalam satu klip menggunakan multilinimasa

• Tambahkan teks atau judul animasi ke video Anda dalam hitungan detik

• Buat sulih suara di editor internal yang direkam di perangkat bergerak Anda

• Buat kolase video dan gambar dengan hamparan PiP*

• Nikmati ratusan templat, efek, filter, musik latar belakang dan suara gratis

 (Sumber: Google Play store)


  1. Kapasitas atau media penyimpanan

 dengan adanya software atau komputer Hanya untuk mengedit saja Sebenarnya anda sudah bisa memulai mengerjakan editing video. Akan tetapi anda juga perlu memperhatikan kapasitas memori anda, agar anda bisa  menyimpannya di memori internal maupun eksternal. 

perangkat memori bisa menyimpan beberapa footage, audio serta komponen lain yang harus disimpan di dalam memori. maka dari itu kapasitas yang digunakan harus sangat besar dan anda bisa mendapatkannya atau menyimpannya di memori tambahan yaitu hardisk eksternal, maupun memori eksternal.


SILAHKAN KLIK ABSEN ONLINE DI BAWAH INI UNTUK MENGISI ABSENNYA

ABSEN ONLINE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menganalisis aspek motivasi dan informasi pada setiap shot

  Element of Shot . Motivasi Motivasi, prinsip pertama elemen pengambilan gambar. Motivasi memberi alasan untuk memindahkan satu bidikan ke ...